Apa yang Terjadi Jika Otak Manusia Terhubung dengan Komputer?
Ilustrasi otak yang terhubung komputer. (Sumber qgits.com)

By Arief 23 Feb 2017, 10:49:49 WIBTeknologi

Apa yang Terjadi Jika Otak Manusia Terhubung dengan Komputer?

Keterangan Gambar :


Beberapa dekade lalu, dinas intelijen CIA mencoba mengembangkan sistem pengendalian pikiran manusia dengan tujuan menciptakan 'mesin' pembunuh musuh.

Terdengar seperti kisah dalam film, tapi di masa kini, sudah ada kemajuan dalam menghubungkan otak manusia dengan komputer. Bisa saja otak manusia kemudian diprogram menggunakan komputer untuk tujuan-tujuan tertentu, walaupun jalan ke sana masih jauh.

Dikutip dari laman berita Cisco pada Jumat (16/12/2016), hubungan otak  manusia dengan mesin sudah ada sekarang. Segelintir orang sudah melakukannya, tapi hanya untuk senang-senang.

Misalnya, ada permainan komputer "Throw Trucks With Your Mind" yang bisa dibeli seharga US$ 25. Pembuat mainan itu mengatakan bahwa benda itu "akan memberikan tenaga super telekinetik yang dikendalikan dengan pikiran."

Benar-benar menggunakan pikiran. Rahasia permainan ini adalah perangkat kepala (headset) yang dirancang oleh perusahaan NeuroSky yang berpusat di San Jose.

Headset itu menggunakan biosensor EEG, suatu jenis antarmuka otak dengan komputer (brain-computer interface, BCI) yang melacak gelombang otak dan mengubahnya menjadi perintah yang dapat dimengerti oleh mesin.

Menurut situs web NeuroSky, "Biosensor EEG kami mengumpulkan sinyal-sinyal listrik, bukan pikiran itu sendiri, untuk menerjemahkan kegiatan otak menjadi tindakan."

Untuk diketahui, para dokter sudah lama menggunakan EEG untuk memeriksa permasalahan dalam otak. Tapi, pembaca EEG adalah suatu mesin yang mahal, bisa seharga ribuan dolar.

Penggunanya selama ini terbatas dalam dunia kesehatan hingga akhirnya seorang pakar bernama Dr. Ted Berger dari University of Southern California mulai menggali lebih dalam tentang pola-pola yang ditemukan dalam otak dan ia berusaha mengertinya.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment