Bupati Askolani Pimpin Pengambilan Sumpah/Janji 1000 PNS Dilingkup Pemkab Banyuasin

By Arief 26 Nov 2018, 18:12:45 WIBDaerah

Bupati Askolani Pimpin Pengambilan Sumpah/Janji 1000 PNS Dilingkup Pemkab Banyuasin

Keterangan Gambar :


BANYUASIN Beritasumsel. Com -- Sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat, Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan jujur dan bersih, komitmen ini yang diikrarkan dalam sumpah dan janji PNS yang di ikuti sebanyak 1000 orang.

Pengambilan sumpah/janji PNS ini dipimpin oleh Bupati Banyuasin H Askolani, yang dihadiri Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, Kapolres AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, Sik, Sekda Dr. H. Firmansyah dan sejumlah Kepala OPD Banyuasin digedung Graha Sedulang Setudung, Senin (26/11), Pukul 14.00 WIB.

Bupati Banyuasin H Askolani mengatakan jika setiap calon PNS yang telah diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji sesuai dengan UU No.5 tahun 2014 tentang ASN, PP No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan PP No.11 Tahun 2007 tentang Manajemen PNS. Dalam Pasal 3 ayat 1 PP No.53 Tahun 2010, sebab bagi PNS yang melanggar Sumpah/Janji akan dijatuhkan hukuman disiplin.

“Sumpah/Janji PNS ini merupakan usaha untuk membina PNS yang bersih, jujur dan sadar akan tanggungjawabnya sebagai ASN dan abdi masyarakat. Karena, setiap PNS terikat akan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin,”kata dia.

Menurut Bupati, sumpah/janji yang di ikirarkan PNS tidak hanya kesangupan terhadap atasan yang berwenang, akan tetapi juga dipertangungjawabkan dihadapan tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

"Jadi, sumpah dan janji PNS yang telah diikrarkan tersebut, harus dijaga dan di taati serta tidak boleh melakukan segala bentuk larangan yang telah ditentukan,”jelas dia.

Terpisah, Kepala BPKSDM Hazairin Zaini mengatakan dilaksanakan pengambilan sumpah/janji karena ada keterhambatan dengan masalah anggaran jadi sejak Pemkab Banyuasin terbentuk, baru di tahun 2013, 2016, 2017 dan baru dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta 1000 orang.

“Sumpah/janji PNS yang baru di ikrarkan merupakan amanah dan suatu bukti kesanggupan untuk mentaati aturan yang berlaku, karena tidak hanya disaksikan oleh kita semua yang hadir tetapi juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,”kata dia.

Perlu diketahui untuk tenaga guru dan kesehatan masih sedikit, sedangkan tenaga teknis jumlah PNS yang diambil sumpah dan janji dari 1000 orang dengan rincian golongan IV : 279 orang, golongan III 560 orang, gologan II 159 orang dan golongan I, 2 orang.

“Dengan peserta berasal dari Disdikporapar (574 orang), Dinas Kesehatan (374 orang), Dinas Pertanian (36 orang), Dinas Perhubungan (5 orang) Dinas Perikanan (7 orang), BPKD (1orang), Disnakertran (2 orang),”pungkas dia. (Adam)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment