FGMP Menduga Ada Kelebihan Lahan HGU Di Wilayah PTPN 7 Betung
Sindum Agus : Perpanjangan Izin HGU Masih Proses, Luas Lahan HGU Belum Dapat Dipastikan

By Arief 06 Agu 2020, 02:26:53 WIBDaerah

FGMP Menduga Ada Kelebihan Lahan HGU Di Wilayah PTPN 7 Betung

Keterangan Gambar :


BANYUASIN - Untuk menengahi permasalahan lahan yang ada di apdeling 3 dan apdeling 4 PTPN 7 Betung, dengan masyarakat yang diwakili oleh Forum Gerakan Masyarakat Pancasila (FGMP), maka pemerintah kecamatan Betung kabupaten Banyuasin, mengadakan rapat tentang permasalahan lahan tersebut, di pendopoan kantor camat Betung, pada Rabu (05/08/20).

Selain dihadiri oleh masyarakat, FGMP, dan pihak dari PTPN 7 Betung, acara tersebut juga dihadiri oleh pihak Perkimtan Banyuasin, BPN Banyuasin, Disbun Banyuasin, serta disaksikan oleh Kapolsek Betung AKP Toto Hernanto SH.

Menurut Ketua FGMP Fredi.S, diduga ada kelebihan lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik PTPN 7 Betung tersebut. Dari itulah, dia meminta kepada semua instansi yang terkait, agar dapat melakukan pengukuran ulang untuk lahan HGU yang ada di wilayah PTPN 7 Betung ini, untuk memastikan, apakah memang ada kelebihan lahan, atau tidak.

Dijelaskan oleh Fredi, jika FGMP tidak mempermasalahkan tentang perpajangan izin HGU, namun yang jadi persoalan, apa benar, atau tidak adanya kelebihan lahan tersebut.

Lebih lanjut Fredi mengatakan, jika luas lahan yang diizinkan oleh Pemerintah kabupaten Banyuasin untuk PTPN 7 Betung, adalah seluas 1060, 78 Hektar, namun dari hasil analisis, dan temuan FGMP, lahan tersebut seluas 1184 Hektar.

"Yang diizinkan oleh pemerintah, sesuai dengan HGU mereka (PTPN 7 Betung) itu hanya 1060, 78 Hektar,  Hasil analisis kita, temuan kita, 1184 Hektar, jadi kita mengharapkan, seluruh instansi terkait, kelebihan lahan itu, segera dikembalikan ke pemerintah, untuk fasilitas umum, khususnya perkembangan kota Betung," ujarnya.

Sementara Sinder Umum (Sindum)PTPN 7 Betung Agus Lesmono menjelaskan, jika perpanjangan izin HGU tersebut, untuk saat ini masih dalam proses, sehingga belum dapat dipastikan, luas lahan HGU secara pasti, karena masih menunggu hasil proses izin itu sendiri.

Dikatakan Agus, jika memang ada permasalahan dengan masyarakat, mengapa pada saat dilakukan replanting, atau peremajaan tanaman, saat itu tidak ada masyarakat yang protes, jika memang pada saat itu, ada penyerobotan lahan milik masyarakat.

Lebih lanjut Agus mengatakan, jika nantinya pihak dari kabupaten Banyuasin, nantinya akan memprevikasi tentang luas lahan HGU tersebut, karena pengukuran ulang masih dalam proses oleh pihak BPN.

"Apabila nanti dari tim memutuskan untuk previkasi, kita tunduk, artinya bahwa kesepakatan bersama itu harus diprevikasi, kita akan previkasi," katanya.

Namun untuk masalah kelebihan lahan HGU, Agus mengatakan, jika saat ini, dari pihak PTPN 7 Betung, belum mengetahuinya, karena hasil dari pengukuran belum turun, dan untuk mekanismenya, nanti akan ditentukan oleh sidang panitia B.

Pada acara rapat ini, belum ditemukan secara pasti titik temu tentang permasalahan tersebut. Namun camat Betung M Sobir SSos mengatakan, jika apapun hasil pertemuan ini, nantinya akan disampaikan kepada Bupati Banyuasin. (Vilkadi)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment