Lahat Suplai Swasembada Nasional

By Arief 06 Okt 2017, 06:16:05 WIBEkonomi

Lahat Suplai Swasembada Nasional

Keterangan Gambar : Bantuan untuk para petani di lahat


Lahat Suplai Swasembada Nasional

LAHAT BS , - Sesuai instruksi langsung dari Presiden RI, Ir Joko Widodo menyangkut dalam upaya untuk lebih meningkatkan lagi di bidang swasembada pangan nasional, dengan sigap, instruksi langsung orang no 1 di Republik inipun ditanggapi dengan segera, di seluruh wilayah di Indonesia, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui dinas terkait, ikut serta dalam perealisasian program swasembada pangan.

Plt Sekda Lahat H Haryanto mengayakan, bantuan yang diserahkan berupa 6 unit Handtracktor serta 4 unit Alat Tanam Jagung/ Kedelai, terhadap kelompok tani yang ada di Kecamatan Mulak Ulu dan Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat. Hal ini bertujuan untuk memberi kemudahan kepada para petani dalam melakikan proses tanam dan panen.

"Semoga dengan bantuan yang diberikan berupa handtracktor dan alat tanam jagung/kedelai ini, kelompok tani yang menerima dapat mempergunakan serta merawat peralatan tersebut. Selain wujud perhatian pemerintah terhadap petani, kita berharap dengan bantuan ini juga dapat meningkatkan hasil produksi dan kesejahteraan para petani khususnya," ujarnya.

Kadis Pertanian Ir Agustia Budiman menjelaskan, bantuan diperuntukkan kepada kelompok tani mengatakan, pada 2017 ini, sekitar 10.000 hektar lahan siap tanam ada di Kabupaten Lahat, dimana sebelumnya hanya 1.050 hektar lahan yang terdapat di wilayah kabupaten Lahat.

"Dengan jumlah lahan siap tanam sebanyak itu di kabupaten Lahat, ditambah mencapai 6 ton yang dihasilkan perhektar. Tentunya, dengan adanya bantuan alat – alat pertanian ini, kelompok tani dapat memaksimalkan dalam pengolah lahan, sehingga kedepan, diharapkan Kabupaten Lahat dapat mensuplai swasembada nasional, serta dapat menjadikan Kabupaten Lahat sebagai lumbung pangan nasional," imbuhnya.

Salah satu perwakilan kelompok tani, Wawan (41) yasal Mulak Ulu, yang memperoleh bantuan peralatan dihubungi melalui telepon menyampaikan, sangat berterima kasih kepada pemkab lahat yang sudah sangat membantu serta memperhatikan apa yang menjadi kendala para petani, dalam memperoleh hasil yang diperoleh.

"Saya selaku perwakilan kelompok tani Kecamatan Mulak Ulu mengucapkan, terima kasih yang sebesar – besarnya kepada pemkab lahat dan dinas pertanian, yang sudah memberi bantuan alat kepada kami. Insyaallah, ini akan kami pergunakan dan dijaga sebaik – sebaiknya, sehingga apa yang dihasilkan dalam penggunaannya dapat lebih maksimal lagi,"pungkasnya.(tas)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment