Melalui Bank Sampah, Tingkatkan Ekonomi Warga

By Arief 05 Agu 2020, 14:26:24 WIBDaerah

Melalui Bank Sampah, Tingkatkan Ekonomi Warga

Keterangan Gambar :


MUSI RAWAS, BeritaSumsel.id - Pemerintah Desa Sukamulya, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawasb(Mura), Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berupaya meminimalisir tingginya volume sampah di desa setempat. Salah satu upaya dilakukan dengan membangun Bank Sampah.

Demikian dikatakan Kepala Desa Sukamulya, Heri Ependi, saat dibincangi awak media, Rabu (5/8/20).

"Bank Sampah ini sebenarnya sudah sejak tahun 2013 sudah berdiri, namun belum maksimal dijalankan karena terkendala dana,"katanya.

Berkat ketekunan warga serta dukungan dari Pemkab Mura, sambung Heri, bank sampah di desanya dapat berjalan dengan maksimal.

"Mulai tahun 2017, bank sampah ini berjalan maksimal dan mulai mengenyam hasil,"tuturnya.

Dengan adanya bank sampah, sambungnya, pihaknya sudah membebaskan bagi warga untuk pembayaran PBB. Selain itu melalui bank sampah juga pihak pemdes dapat memberi santunan kepada anak yatim dengan memberikan seragam dan peralatan sekolah.

"Selain dari masyarakat setempat, kita juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah di sekitar untuk suplai sampah. Baik sampah organik maupun anorganik,"terangnya.

Untuk sampah organik, jelas Heri, diolah menjadi pupuk organik, yakni pupuk padat, pupuk cair serta margot untuk pakan ternak. Sedangkan sampah anorganik dijual kembali melalui Bank Sampah Induk Mura Sempurna yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mura.

"Dengan adanya Bank Sampah ini, manfaatnya sangat banyak dirasakan masyarakat. Kebersihan desa terjaga dan mengurangi pencemaran udara serta dapat meningkatkan ekonomi warga,"tutupnya.

Saat ini, Bank Sampah Desa Sukamulya menangani sampah di tiga kecamatan terdekat, yakni Kecamatan Tuah Negeri, Kecamatan Sukakarya dan Kecamatan Muara Kelingi.(Andep)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment