Wabup Terima Audiensi Tim Ahli Surveilans Epidemiologi Gugus Tugas Sumsel

By Arief 28 Jul 2020, 19:34:53 WIBKesehatan

Wabup Terima Audiensi Tim Ahli Surveilans Epidemiologi Gugus Tugas Sumsel

Keterangan Gambar :


Musi Rawas, BeritaSumsel.id - Wakil Bupati (Wabup) Musi Rawas (Mura), Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj Suwarti Burlian menerima Audiensi dan Paparan Tim Ahli Surveilans Epidemiologi, Gugus Tugas Propinsi Sumsel, H. M. Hatta Mamat SKM, M.Epid, di Ruang Bina Praja, Pemkab Mura, Selasa (28/7/20).

Dalam kesempatan ini, Wabup Mura Hj Suwarti Burlian menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Ahli Surveilans Epidemologi Gugus Tugas Provinsi Sumsel yang telah berkunjung ke Kabupaten Musi Rawas serta menyampaikan paparan tentang Covid 19 kepada OPD dan Camat, agar informasi yang diperoleh dapat disebarluaskan ke masyarakat guna menghentikan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Musi Rawas.

Menanggapi hal itu, Tim Ahli Survelians Epidemologi Gugus Tugas Provinsi Sumsel menyarankan beberapa rekomendasi pada masa New Normal kepada Kabupaten Musi Rawas untuk memutus mata rantai Covid 19. Diantaranya, sosialisasi penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum dengan berkoordinasi dengan Pengelola PD Pasar dan kolaborasi antara bidang kesehatan, sosial, ekonomi dan psikologi dalam melaksanakan survey cepat untuk melakukan assesment terhadap kondisi masyarakat saat ini.

Hatta Mamat juga menyampaikan, sampai saat ini belum ditemukan Obatnya yang sedang dilakukan saat ini adalah pengujian Vaksin yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh kita, supaya kita tidak terkena.

"Dengan harapan Imunisasi tetap diberikan, dan Virus ini akan berakhir di awal tahun akan datang dan kita tidak bisa hanya menunggu Vaksin ya kita harus berupaya tadi yaitu 3 M dan selalu menjaga Imunitas Tubuh bukan berarti makanan bergizi saja, tapi perlu berolah raga dengan bejalan pagi dan dilakukan setiap hari,"jelasnya.

Selanjutnya dia menambahkan, selalu rajin mencuci tangan, mengunakan masker, jaga jarak, dengan harapan Protap tetap di jalankan dan lakukan Sosialisasi terus ke Masyarakat sesuai Protokol Kesehatan.

"Untuk angka Indikator di Musi Rawas cukup baik dan  perlu ditingkatkan lagi intinya jangan lengah dan bosan,"katanya.

Lanjut beliau untuk kinerja Dinas Kesehatan Mura sudah cukup bagus dari 14 indikator tinggal 2 Indikator yang belum tercapai. Dan kasus yang bertambah pada tanggal 26 Juli kan masih baru, harapan kita tindakan yang dilakukan terhadap pasien ini lebih maksimal.

Yang belum tercapai yaitu peningkatan pemecahan sepessimen, yang perlu ditingkatkan dan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah. Untuk melakukan Swab sebanyak banyaknya yang berkontak langsung dengan orang terdekat dan keluarga.

"Sampai saat ini belum ada Vaksin untuk mengatasi nya pengujian sudah dilakukan namun belum bisa diuji langsung ke pasien butuh waktu,"tutupnya.

Turut hadir, Asisten III, Kadinkes, Kadis Kominfo, Kadisdik, Polres Mura, Dandim 0406, Kabid Pelayanan RS Sobirin, RSUD Muara Beliti, BPKAD, DPMD, KPMD, Inspektorat, Bappeda, Dishub, POLPP dan seluruh Camat di Mura.(rls/Andep)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment